Blogger templates

Home » , , , , , » Alpukat - Untuk Penyembuhan Diabetes Mellitus

Alpukat - Untuk Penyembuhan Diabetes Mellitus

Written By Unknown on Senin, 13 Agustus 2012 | 19.30

Alpukat - Untuk Penyembuhan Diabetes Mellitus


Alpukat : 
( Persea gratissima Gaerin )

Family : Lauraceae

Diskripsi Tanaman :
     Pohon kecil, dengan tinggi 3-10 meter, dengan akar tunggang, batang berkayu, bulat, dengan warna coklat kotor, bercabang banyak, banyak rantik berambut halus. Daun tunggal, bertangkai yang panjangnya 1,5 - 5 cm,  daun muda berwarna kemerahan dan berambut rapat, daun tua berwarna hijau dan gundul.

     Bunga warna majemuk, berkelamin dua yang tersusun dalam malai yang keluar dekat ujung ranting. Buahnya buah buni, dengan bentuk bola atau bulat telur, panjang 5-20 cm, warna hijau atau hijau kekuningan, dan berbintik ungu. Biji berbentuk bulat, dengan keping buah putih kemerahan.


     Buah yang sudah matang akan menjadi lunak, dan berlemak, rasanya tawar sedikit manis. Perkembang biakan dengan cara okulasi dan enten.

Nama Lokal
Alpuket, apuket, jambu wolanda ( sunda ), apokat, avokat, plokat ( jawa ). Apokat, alpokat, avokat, advokat ( sumatra ).
Nama simplesia : Perseae Folium

Habitat :
Tumbuh liar di hutan - hutan, banyak di tanam di kebun dan di perkarangan yang lapisan tanahnya gembur dan subur serta tidak tergenang air. Bisa berbuah di dataran rendah, tapi akan lebih maksimal bila di tanam di atas kentinggian 200-1000 m dpl, di daerah tropik dan subtropik yang banyak curah hujan.


Bagian yang di gunakan :
Buah, Daun, Biji

Kandungan kimia :
Menurut penelitian, buah dan daun alpukat mengandung saponin, alkaloida, dan flavonoida. Buah juga mengandung tanin, sementara daun mengandung polifenol, quersetin, dan gula alkohot persiit. Bijinya mengandung alkaloid, tanin, triterpen, dan kuinon. Selain itu Alpukat juga mengandung senyawa anti oksidan.

PERANAN ALPUKAT DALAM PENGOBATAN DIABETES MELLITUS 
Biji Alpukat berfungsi :
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Memperlancar sirkulasi darah, sehingga membantu memperbaiki fungsi pankreas.
Cara 1 : Biji alpukat di panggang, jangan sampai gosong, cukup agak kering, lalu di potong kecil - kecil, kemudian di rebus dengan air bersih kira2 3-4 gelas air minum, lalu setelah air berwarna coklat, angkat, saring dan minum setelah agak dingin ( hangat ).

Cara 2 : Iris tipis - tipis satu biji alpukat ... jemur sampai kering, lalu irisan tadi di sangrai atau di goreng tanpa minyak. setelah itu di blender sampai lembut. Masukan bubuk biji alpukat ke dalam kulit kapsul yang dapat di beli di apotek, minus biji alpukat tadi satu kali sehari.




Share this article :

1 comments:

  1. Info yg sangat berguna, terima kasih. Oh ya, saya kasih info tambahan ya, ternyata madu hitam pahit juga bagus untuk diabetes lo. Cb aja liat infonya di maduhitampahit-herbal.blogspot.com

    BalasHapus

Pengikut

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Penyembuhan Diabetes Secara Alami - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger