Blogger templates

Home » » Apa Itu Penyakit Diabetes Mellitus ? part I

Apa Itu Penyakit Diabetes Mellitus ? part I

Written By Unknown on Jumat, 20 Juli 2012 | 09.04

B. Apa itu Penyakit Diabetes Mellitus ?

Diabetes Mellitus atau penyakit gula darah, dimana di Indonesia lebih di kenal dengan sebutan penyakit kencing manis, adalah suatu kondisi manusia sedang mengalami gangguan metabolisme tubuh, yang mana kadar gula ( glukosa ) dalam darah menjadi sangat tinggi karena tidak dapat di olah oleh tubuh.

Pada orang yang sehat, karbohidrat makanan akan di rubah menjadi glukosa di dalam saluran pencernaan. Dan kemudian glukosa ini di bawa oleh darah untuk di distribusikan ke seluruh sel tubuh, dan kemudian nanti akan di manfaatkan dan di jadikan energi dengan bantuan Insulin. Peranan insulin sangat penting disini dimana  insulin berkerja layaknya kunci yang membukakan jalan masuk glukosa ke dalam sel.

Insulin merupakan hormon yg di produksi kelenjar pankreas, yang bertanggung jawab dalam mempertahankan kadar gula darah supaya normal. Insulin membawa gula ke dalam sel untuk di jadikan energi, dan sekaligus sebagai cadangan energi.

Pada penderita penyakit diabetes mellitus, glukosa sulit atau bahkan tidak bisa masuk kedalam sel darah, itu dikarenakan tidak ada atau sedikit saja hormon insulin dalam tubuh, dan bisa juga karena sel tidak bisa merespons insulin dengan baik. Secara ilmiahnya, penyebabnya adalah kurangnya jumlah atau aktivitas reseptor insulin yang ada di dalam tubuh ....


Kurangnya Insulin akan mengakibatkan kadar gula menjadi tinggi akibat penumpukan gula di dalam sel darah, akibat dari penumpukan ini, gula tidak dapat di manfaatkan oleh tubuh, sehingga terpaksa di buang melalui air seni. Gangguan metabolisme tubuh ini menyebabkan tubuh kekurangan energi. Kondisi inilah yang menyebabkan timbulnya efek samping yg bersifat negatif dan merugikan.





Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Pengikut

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Penyembuhan Diabetes Secara Alami - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger