Blogger templates

Home » » Apa Itu Penyakit Diabetes Mellitus ? part II

Apa Itu Penyakit Diabetes Mellitus ? part II

Written By Unknown on Jumat, 20 Juli 2012 | 10.24

Dari WHO ( organisasi kesehatan dunia ) disebutkan bahwa ada 3 tipe Penyakit Diabetes Mellitus, Yaitu : Diabetes Mellitus tipe 1, Diabetes Mellitus tipe 2, dan Gestasional Diabetes mellitus ( GDM, atau Diabetes Mellitus yang terjadi selama masa kehamilan )

Penyakit Diabetes Mellitus 1 : Tubuh kekurangan hormon insulin, atau biasa di sebut Insulin Dependent Diabetes Mellitus ( IDDM, Diabetes yang bergantung pada Insulin ) atau diabetes anak - anak. Ciri -ciri nya adalah : Hilangnya sel beta penghasil Insulin pada pulau-pulau Langerhans Pankreas, sehingga tubuh kekurangan Insulin. Diabetes tipe 1 ini bisa terjadi pada anak - anak maupun orang Dewasa. Biasanya Penderita Diabetes Mellitus tipe 1 di awali dengan kondisi yang sangat baik, baik kesehatan maupun berat badannya. Selain itu sesitifitas maupun respons tubuh terhadap insulin umumnya normal pada penderita Diabetes Mellitus Tipe 1, terutama pada tahap awal. Saat ini pengobatan untuk diabetes mellitus type 1, berupa pemberian insulin dengan pengawasan yang teliti terhadap tingkat glukosa darah, melalui uji lab dan lain - lain. Juga di harapkan untuk melakukan diet dan olah raga yg teratur.

Penyakit Diabetes Mellitus 2 : Hormon insulin tidak dapat berperan dengan semestinya, atau biasa di sebut Non-Insulin Diabetes Mellitus ( NIDDM, diabetes tidak bergantung pada insulin ). Penderita Penyakit Diabetes Mellitus tipe 2 ini terjadi karena adanya cacat dalam produksi insulin, dan terjadi resistensi terhadap insulin, bisa juga di bilang berkurangnya sensitifitas tubuh terhadap insulin. Pada tahap awal, ke tidak normalan yg terjadi adalah berkurangnya sensitifitas terhadap insulin, yang ditandai dengan meningkatnya kadar insulin dalam darah. Untuk mengatasi Diabetes Mellitus tipe 2 ini, biasanya diatasi dengan cara perubahan aktifitas fisik ( biasanya peningkatan ), diet ( pengurangan asupan karbohidrat ) dan lewat program pengurangan berat badan dan pengendalian lewat perbaikan gaya hidup dan terapi obat.

Penyakit Diabetes mellitus Gestasional, atau bisa disebut GDM, yang hanya terjadi selama kehamilan. Diabetes Mellitus tipe ini melibatkan kombinasi dari kemampuan reaksi dan pengeluaran hormon insulin yang tidak cukup. Penyakit Diabetes Mellitus Gestasional biasanya akan bisa kembali normal kembali setelah melahirkan .
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Pengikut

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Penyembuhan Diabetes Secara Alami - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger